Titik Panas Berkurang, Namun Asap Tak Kunjung Hilang

RIAUEXPOSE.COM, PEKANBARU – 58 titik panas atau hotspot masih terdeteksi di Riau pagi ini, Minggu (25/08).

Meskipun jumlah tersebut berkurang drastis dari hari Kamis lalu yang mana hotspot yang terdeteksi sebanyak 272 titik, namun kabut asap pekat masih menyelimuti sebagian kota di Bumi Lancang Kuning tersebut.

Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 58 titik panas sayang terdeteksi pagi ini tersebar di delapan wilayah kabupaten. Dengan titik terbanyak berada di wilayah Kabupaten Pelalawan.

“Ada 20 titik di Pelalawan, Bengkalis 15 titik, kemudian di Inhil 13 titik, Kepulauan Meranti 5 titik, Rohil 2 titik, selanjutnya Kampar, Siak dan Inhu masing-masing 1 titik,” papar Prakirawan BMKG Pekanbaru, Sanya Gautami.

Dari 58 titik yang terdeteksi, 39 titik diantaranya berada pada tingkat kepercayaan lebih dari 70 persen, dan diduga kuat merupakan titik api.

39 titik yang diduga titik api tersebut yakni berada di Pelalawan 15 titik, Bengkalis 13 titik, Kepulauan Meranti 4 titik, inhil 3 itik, selanjutnya Kampar, Rohil, Siak dan Inhu masing-masing 1 titik.

Meskipun sudah mengalami penurunan jumlah titik panas yang cukup signifikan, namun pagi ini sejumlah. Kah wilayah di Riau masih diselimuti kabut asap. Diantaranya Kota Pekanbaru, Indragiri Hulu dan Pelalawan.

Jarak pandang di ketiga wilayah tersebut juga tampak masih terganggu. BMKG memantau, jarak pandangan di wilayah Kota Pekanbaru dan Pelalawan pagi ini hanya sejauh 3 km. Sedangkan di wilayah Indragiri Hulu, tepatnya di Rengat, jarak pandang hanya sekitar 2 km. Keterbatasan jarak pandang ini diakibatkan oleh adanya asap yang timbul akibat kebakaran hutan dan lahan. (Rxp/her)

BANNER PKBM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.