Sebanyak 1.238 Calon Haji Riau Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Baner Iklan 1, 2, 3

RIAUEXPOSE.COM, Kota Pekanbaru – Sebanyak 1.238 Calon Haji (Calhaj) Kota Pekanbaru kini giat mengikuti bimbingan manasik haji mulai 13 Juni hingga 26 Juni 2019, untuk mengetahui apa saja tugas mereka dalam melaksanakan ibadah.

“Bimbingan manasik dibutuhkan agar saat di Mekkah dan Madinah Calhajtidak lagi banyak pertanyaan saat melaksanakan ibadah haji,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Kota Pekanbaru, H Dahlan MA di pekanbaru.

Kegiatan manasik perdana ini secara resmi dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr H Mahyudin MA, bertema “dengan manasik Haji tingkat Kota Pekanbaru tahun 1440 H/2019 M, kita tingkatkan ilmu, amal dan iman untuk mendapatkan Haji yang mabrur menuju Pekanbaru Smart City Madani.

Menurut dia, sebanyak 1.238 Calhajmengikuti manasik haji perdana tersebut berasal dari lima kloter yakni kloter 2, 4, 5, 6 dan kloter 20 yang nantinya akan dipandu dan dilayani oleh petugas yang telah ditetapkan.

Ia mengatakan, setelah menghadiri pembukaan kini, maka selanjutnya jamaah mengikuti manasik di kecamatan dimana ia berdomisili, mulai jam kerja dari jam 07.00 WIB-12.00 WIB.

“Melalui kegiatan bimbingan manasik haji ini diharapkan jamaah Kota Pekanbaru menjadi jamaah mandiri karena petugasnya terbatas. Manasik haji ini bukan hanya memberikan teori dan praktik ibadah haji saja, tetapi juga menginformasikan perkembangan-perkembangan terbaru seputar ibadah haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci pada Juli mendatang,” katanya.

Baner Iklan 1, 2, 3

Sementara itu Kakankemenag Kota Pekanbaru Drs H Edward S Umar mengajak Calhajuntuk tidak stres, memikirkan keluarga yang ditinggalkan di rumah.

“Bergembira, bergembira, tersenyumlah selalu pada saat melaksanakan ibadah haji, ikuti manasik haji dengan benar. Titipkan semuanya pada Allah SWT, luruskan niat insya Allah menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Kakanwil Kemenag Riau mengajak petugas yang akan menyertai jamaah untuk meluruskan niat dan tanggalkan semua status sosial.

“Dengan niat ikhlas yang lurus kepada Allah SWT, akan dimudahkan ibadahnya, dan pulang kembali ke tanah air dengan menyandang ibadah haji yang mabrur-mabruroh,” kata Kakanwil danbersama para calon jamaah haji mengumandangkan talbiyah yang diikuti secara serentak.

Sebanyak 1.238 CalhajKota Pekanbaru diagendakan mulai besok Jumat (14/6) akan mengikuti manasik di tingkat kecamatan yang dipusatkan di delapan titik. Ke delapan titik lokasi manasik itu adalah, Kec.Bukit Raya di Masjid Nurus salam Jl.Taman Sari, Kec. Sail, Kec.Lima puluh dan Kecamatan Pekanbaru Kota di Masjid Abidin Jl. Sutomo, Kec. Rumbai dan Rumbai Pesisir di Masjid Dakwah Rumbai Pesisir, Kec. Sukajadi dan Kec. Senapelan di masjid Al Mukarramah Jl. Bunga Kertas, Kec.Tampan di masjid Muhajirin Jl. Raja Wali Sakti, Kec. Tenayan Raya di masjid Raya Jl. Hangtuah Ujung, Kec. Marpoyan Damai di masjid Al Kausar Jl Neraca, Kec. Payung Sekaki di masjid Mujahidin Jl. Jendral.

Sementara jumlah CalhajProvinsi Riau seluruhnya sebanyak 5.359 mengikuti musim haji tahun 1440 H/ 2019. Untuk Pekanbaru sebanyak 1.238 jamaah yang tersebar dari seluruh kecamatan di kota bertuah itu. (ant)

BANNER PKBM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.