Perlukah Kita Memindahkan Gigi ke Netral Saat Berada di Lampu Merah?

RIAUEXPOSE.COM, Jakarta – Terkadang kita masih bingung akan fungsi transmisi N alias Netral pada mobil matik. Saat berada di lampu lalu lintas dan warnanya merah. Mobil otomatis harus berhenti lantas bagaimana dengan transmisinya? Perlukah memindahkannya ke transmisi netral atau tetap memposisikan pada gigi D atau Drive?

Mengutip Picknbuy24, Minggu (10/2), saat mobil berhenti di lampu merah ada baiknya untuk memindahkan gigi ke posisi netral. Kemudian saat lampu hijau, pindahkan lagi ke posisi D.

Mungkin tindakan memindahkan gigi ke netral masih menuai pro dan kontra. Alasannya, terlalu sering memindahkan gigi bisa membuat transmisi cepat aus. Kendati demikian, kebiasaan memindahkan gigi ke netral saat di lampu merah masih lebih baik daripada membiarkan di posisi D.

Saat mobil berhenti dalam posisi D, oli transmisi terus terpakai sekaligus membuatnya menjadi panas. Di samping itu, jikalau kita tak memindahkan ke netral otomatis kaki terus standby menginjak rem.

Alasan lain, memindahkan gigi ke posisi netral saat berhenti di lampu merah juga bisa sedikit menghemat penggunaan bahan bakar.

Tak hanya alasan teknis, memindahkan gigi ke posisi netral saat lampu merah juga bisa berkontribusi terhadap keselamatan pengendara. Contohnya, kalau Otolovers tak sengaja mengangkat kaki dari pedal rem dan tak menyadari posisinya masih D, bukan tak mungkin mobil menyeruduk pengendara lain.

Setidaknya itu juga bisa mengistirahatkan kaki dalam beberapa menit saja. Ada juga hal yang perlu dicatat nih Otolovers. Saat lampu merah, memindahkan gigi ke posisi netral saja sudah cukup, tak perlu hingga posisi ‘P’ atau Parking.

Sering-sering melakukan hal tersebut bisa membuat transmisi cepat rusak.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.