Menteri Susi Ungkapkan Penenggelaman Kapal Berikan Efek Jera Bagi Pencuri Ikan Indonesia

RIAUEXPOSE.COM, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan bahwa kegiatan penenggelaman kapal ikan asing yang menangkap ikan secara ilegal di kawasan perairan nasional akan menghasilkan efek jera yang merupakan solusi pemberantasan pencurian ikan.

“Saya sudah bicara kepada Bapak Presiden bahwa tidak ada cara lain selain deterrent effect (efek jera) yang akan memudahkan kita untuk keluar dari persoalan lama (penangkapan ikan secara ilegal),” kata Menteri Susi sebagaimana disampaikan dalam akun media sosial resmi KKP yang dipantau, Sabtu pagi.

Sebagaimana diketahui, Menteri Susi bersama jajaran KKP dan Satgas Anti Illegal Fishing hari ini sedang berada di Pontianak, Kalimantan Barat, dalam rangka melakukan penenggelaman kapal ikan ilegal.

BANNER PKBM

Menurut Susi, efek jera itu kini telah terasa antara lain tidak ada lagi ribuan kapal ikan asing yang menangkap ikan di kawasan perairan Indonesia. Saat ini yang ditangkap hanya ratusan kapal.

“Kalau kita tidak firm (tegas), maka yang ratusan ini bisa berkembang menjadi ribuan kapal,” katanya. Ia menambahkan sejak pencuri ikan diberantas, stok ikan menjadi melesat.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga menegaskan komitmen Presiden Joko Widodo dalam hal ini juga tidak main-main, seperti dengan membentuk satgas sehingga ke depannya tidak ada lagi yang namanya ego sektoral dan kepentingan negara untuk memberantas pencurian ikan menjadi satu.

Baner Iklan 1, 2, 3

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.