Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutan Provinsi Riau Gelar Rakor Restorasi Lahan Gambut Tahun 2019

Riauexpose.com, Pekanbaru – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Restorasi Lahan Gambut Tahun 2019 di Pekanbaru, Kamis (05/12).

“Tujuan utama Rakor ini untuk pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta mendukung dan melancarkan tugas Badan Restorasi Gambut di Provinsi Riau,” Ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Ervin Rizaldi.

Ia mengatakan, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau, maka dibentuk Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) melalui pelaksanaan anggaran Tugas Pembantuan (TP) pada Dinas LHK Provinsi Riau.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan restorasi gambut dilaksanakan melalui 3P yakni pembasahan, penanaman kembali dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ini diharapkan tidak hanya memperbaiki lingkungan, namun juga mendorong perubahan dalam praktek kegiatan masyarakat agar mendukung restorasi gambut dan pengelolaan gambut yang lestari,” terangnya.

Dalam hal itu ia memaparkan bahwa melalui anggaran Tugas Pembantuan tahun 2019 ini, telah dilakukan pembasahan terhadap pembangunan sekat kanal dan sumur bor, revegetasi di lahan bekas terbakar serta revitalisasi ekonomi masyarakat.

“Ini dalam bentuk kegiatan budidaya ternak sapi, bebek, kerbau, ayam potong dan kambing,” pungkasnya.

Selain itu, Ervin melanjutkan revitalisasi ekonomi masyarakat juga membudidayakan tanaman nanas, kencur, ubi kayu, pengolahan biji kopi, serta kerajinan seni ukir.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.