Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Tampilkan 79 Senjata Tradisional Pada Pembukaan Pameran Bersama Museum se-Sumatera

Baner Iklan 1, 2, 3

RIAUEXPOSE.COM, Pekanbaru – Dinas Kebudayaan Provinsi Riau menampilkan 79 senjata tradisional dari delapan provinsi di Pulau Sumatera pada pembukaan pameran bersama museum se-sumatera yang bertempat di Museum Sang Nila Utama, Pekanbaru.

“Alhamdulillah tahun ini Provinsi Riau jadi tuan rumah pameran bersama museum se-sumatera, yang diikuti dari delapan provinsi di Sumatera. Dan ini merupakan kelender tahunan museum se-Sumatera” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen di Pekanbaru, Kamis (26/19).

Adapun delapan provinsi se-sumatera yang mengikuti pameran ini yaitu Provinsi Aceh 7 koleksi, Sumbar 8 koleksi, Sumut 12 koleksi, Jambi 7 koleksi, Bengkulu 12 koleksi, Lampung 8 koleksi, Sumsel 9 koleksi, dan Riau 12 koleksi. Baik senjata perang, berburu, untuk membela diri dan acara adat.

“Dengan adanya pameran ini diharapkan museum bukan hanya sebagai tempat penyimpanan barang-barang sejarah tapi dapat juga menjadi sarana edukasi dan tujuan wisata di Riau, khususnya Kota Pekanbaru.” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Riau diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Setdaprov Riau, Indra SE saat pembukaan apresiasi yang tinggi dengan adanya acara ini.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi pengunjung dalam hal kebudayaan, terutama senjata-senjata tradisional yang ada di Pulau Sumatera.” ungkap Indra SE.

Baner Iklan 1, 2, 3

Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung dalam usaha pelestarian kebudayaan. Komitmen itu ditunjukan dalam visi misi Riau yang memberikan ruang besar dalam hal kebudayaan sebagai identitas yang mesti dicapai.

Pada pembukaan pameran bersama museum se-sumatera ini ikut dihadiri oleh puluhan siswa dari berbagai sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama yang ada di Kota Pekanbaru.

Tampak puluhan siswa sekolah tersebut sangat antusias melihat berbagai macam senjata-senjata tradisional yang ditampilkan. Bahkan mereka terlihat mencatat berbagai macam informasi keterangan tentang senjata tradisional tersebut pada buku yang mereka bawa.

Dewi Kepala Sekolah SMP Islamiyah Global Pekanbaru mengatakan ia menyambut baik dengan adanya pameran museum se-sumatera yang menampilkan berbagai macam jenis senjata tradisional yang ada di Pulau Sumatera.

“Anak-anak saya bawa ke museum agar dapat secara langsung melihat berbagai bentuk dan jenis senjata tradisional yang ada di Pulau Sumatera, dan mencatat berbagai macam informasi yang ada di dalam museum.” katanya.

Kegiatan Pameran bersama museum se Sumatera yang ditaja oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau ini berlangsung hingga satu bulan ke depan, yakni dari tanggal 26 september hingga 24 oktober 2019 yang bertempat di Museum Sang Nila Utama, Pekanbaru. Buka dari pukul 08.00 dantutup pukul 15.00 WIB. (rxp/bi)

BANNER PKBM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.