Dilantik Oleh Presiden Joko Widodo, Syamsuar Dan Edy Natar Nasution Resmi Menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2019-2024

Jakarta – Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar-Edy Natar Nasution hari ini secara resmi dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2019-2024.

Pelantikan berlangsung di ruang utama Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, (20/2). Sebelum dilantik, Syamsuar diberikan petikan Keppres dan kirab dari Istana Merdeka.

Pelantikan Syamsuar dan Edy dilakukan berdasarkan Keppres Nomor 20/P Tahun 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan 2019-2024. Mereka disumpah berdasarkan agama Islam.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Syamsuar-Edy. Seperti di kutip dari detik.com.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan menandatangani berita acara pelantikan. Setelahnya, Jokowi menyalami Syamsuar-Edy.

Usai melaksanakan prosesi pelantikan, Syamsuar akan menggelar syukuran di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bersama masyarakat Riau di Jakarta. Pimpinan Parpol, Keluarga Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, serta pejabat Provinsi Riau termasuk Ketua KPU dan Bawaslu Riau, juga akan hadir.

Sementara itu Plt Bupati Siak, H Alfedri yang ikut menghadiri proses pelantikan di Jakarta turut menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Syamsuar-Edy Natar Basution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan tahniah kepada Gubernur dan Wakil gubernur Riau yang baru. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa meridhoi langkah beliau berdua. Dan membawa Provinsi Riau semakin maju.” ungkap Plt Bupati Siak, H Alfedri.

Pada proses pelantikan tersebut turut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto, Ketum NasDem Surya Paloh, Pejabat dari Riau, dan Masyarakat Riau.  (rxp)

BANNER PKBM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.