DAK Fisik Dan Dana Desa Riau Dapat Tambahan Rp1 Triliun Pada Tahun 2019

Baner Iklan 1, 2, 3

RIAUEXPOSE.COM, Pekanbaru – Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan dana desa pada 2019 untuk Provinsi Riau mendapatkan tambahan sebesar Rp1 Triliun.

“Alokasi dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)) naik cukup tinggi tahun ini di bandingkan tahun lalu,” kata Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau Tri Budhianto di Pekanbaru, Sabtu.

Tri Budhianto menyebutkan tahun ini total Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa yang dianggarkan bagi Riau mencapai Rp3,3 triliun, naik dari sebelumnya yang hanya Rp2,3 triliun.

Dibandingkan dengan 2018 dua anggaran bantuan untuk semua desa di Riau mengalami peningkatan, masing-masing DAK fisik dari Rp1,1 triliu pada 2018 naik menjadi Rp1,9 triliun pada 2019.

“Begitu juga dengan Dana Desa dari Rp1,2 triliun pada 2018 meningkat menjadi Rp1,4 triliun di 2019, sehingga jika di total kenaikannya mencapai Rp1 triliun,” terang Tri.

Menurut Tri, penambahan yang cukup besar ini jadi peluang untuk menggerakkan ekonomi dan pembangunan daerah yang tidak lagi harus tergantung pada topangan APBD setempat.

Baner Iklan 1, 2, 3

“Jadi tahun ini ada dana yang cukup signifikan yang bisa kita manfaatkan secara optimal dan diharapkan manfaatnya maksimal bagi daerah,” urainya.

Karenanya sambung Tri butuh komitmen bersama antara semua kepala daerah agar dana yang besar ini bisa habis terpakai menjelang akhir tahun, tentunya dengan secepatnya daerah melengkapi persyaratan pencairan tahap demi tahap yang di tetentukan.

Ia mengatakan uang selalu ada dan tersedia di kas pe bendaharaan.

“Uangnya selalu tersedia, kapan saja bisa cair untuk saat ingin paling cepat bulan untuk sudah bisa cair dan ini akan kita dorong ke pemda di 12 kabupaten/kota se-Riau,” tegasnya.

Dengan demikian imbuh dia, target realisasi DAK fisik dan Dana Desa 100 persen pada 2019 bisa tercapai.

Karena hal ini belum terwujud tahun lalu berdasarkan data Kementerian Keuangan pada 2018 realisasi DAK fisik dan Dana Desa di Riau baru 86 persen sedangkan tahun 2017 lebih rendah lagi sebesar 77 persen.

“Ini masih jauh dari optimal,” pungkas Tri Budhianto.

BANNER PKBM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.