Berikut Tips Kesehatan Saat Terjadi Musibah Kabut Asap

Baner Iklan 1, 2, 3

RIAUEXPOSE.COM, Pekanbaru – Kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia khususnya di Riau yang belakangan ini terjadi bahkan membuat indeks standard pencemaran udara (ISPU) menampilkan kualitas udara yang berbahaya membuat masyarakat banyak mengalami gangguan saluran pernapasan atau infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Fahma Sunarja, Senior Dietitian Allued Health, Parkway Cancer Centre mengatakan asap polusi setara dengan radikal bebas, maka cara mencegahnya dengan mengonsumsi aneka makanan yang banyak mengandung antioksidan.

“Secara umum antioksidan ada di vitamin A, vitamin E, C dan itu baik untuk kesehatan. Antioksidan kan fungsinya untuk protect kita punya sel dari polusi atau kabut asap,” ujarnya.

Antioksidan juga disebut sebagai zat pencegah kanker. Mengingat kanker adalah penyakit yang merusak sel tubuh, dan antioksidan bisa memperlambat atau mencegah proses oksidasi pada makanan atau udara sebelum menjadi radikal bebas, lalu masuk ke tubuh.

“Hampir semua buah-buhan sayuran banyak mengandung antioksidan, kiwi, jeruk, jambu, mangga, buah pada umumnya tinggi dan kaya akan antioksidan,” tegasnya.

Untuk itu berikut makanan yang ampuh menangkal ISPA ditengah kabut asap dan kualitas udara yang sangat memburuk.

1. Konsumsi sayur-sayuran, karena banya sayuran mengandung anti oksidan yang dapat mencegah kanker dan baik untuk kesehatan.

Baner Iklan 1, 2, 3

2. Kinsumsi buah-buahan, seperti sayur buah-buahan pada umumnya tinggi dan kaya akan antioksidan seperti kiwi, jeruk, jambu, mangga

3. Minum Air Putih yang banyak. Dengan banyak minum air putih sehingga saluran pernfasan selalu bersih.

4. Batasi keluar rumah. Kurangi aktivitas di luar rumah, sebisa mungkin berada dalam rumah.

5. Pakai masker. Apabila hendak keluar, pakailah masker untuk mengurangi dampak buruk kabut asap bagi pernafasan.

6. Jaga kualitas udara dalam rumah dengan tidak membakar obat nyamuk ataupun merokok.Selain itu jaga sirkulasi udara dalam rumah agar udara dari luar tidak banyak masuk kedalam rumah.

7. Penjernih udara. Alat penjernih udara dapat digunakan untuk membantu membersihkan asap karhutla yang masuk ke dalam rumah. Beberapa tipe pendingin ruangan atau AC juga mampu menyaring partikel udara 2,5 (PM2,5).

8. Segera periksa kesehatan apabila merasa tubuh kurang nyaman, segeralah periksakan di fasilitas kesehatan dan jangan tunggu hingga bertambah buruk.

BANNER PKBM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.