Berikan Edukasi Kepada Masyarakat, Relawan “Sahabat Sungai Pekanbaru” Komit Bersihkan Sungai Dari Sampah

RIAUEXPOSE.COM, Pekanbaru – Relawan “Sahabat Sungai Pekanbaru” bersama Duta Lingkungan Pekanbaru menyatakan komitmennya untuk membersihkan sungai di Ibu Kota Provinsi Riau itu dari sampah.

“Karena sampah-sampah yang dibuang ke anak sungai ini akan bermuara ke sungai Siak, maka anak-anak sungainya perlu dibersihkan, sehingga meminimalisir sampah yang akan hanyut ke Sungai Siak hingga ke laut nanti,” kata Duta Lingkungan Pekanbaru, Annesa Fista dalam pernyata pers di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan komitmen tersebut dituangkan dalam kegiatan bertajuk “Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru”. Bersih-bersih sungai itu sudah dilaksanakan tiga kali sejak Oktober 2018.

Pada Minggu 16 Desember 2018, relawan Sahabat Sungai Pekanbaru bersama Duta Lingkungan Pekanbaru dan Fasilitator KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) melakukan “Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru Vol. 3” di Sungai Limau Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini juga melibatkan Ketua RW dan RT serta warga setempat.

“Dengan membersihkan anak sungai, kami memiliki jalan untuk berkenalan dengan masyarakat sekaligus memberikan edukasi agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai,” kata Annesa, yang tercatat sebagai mahasiswa manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.

Melalui gerakan sukarela itu, kata dia, kegiatan ini mendorong kesadaran dan kepedulian anak muda terhadap sungai yang ada di Pekanbaru.

Annesa menjelaskan, ada tiga alasan utama mengapa dilakukan aksi bersih sungai, yakni daerah aliran sungai (DAS) Siak yang merupakan sungai kebanggaan di Riau termasuk DAS yang kritis, rawan bencana banjir dan longsor, erosi dan pendangkalan, serta terjadi berbagai pencemaran.

Selain itu untuk mendukung Program Kali Bersih (Prokasih) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru dan masih banyak masyarakat yang memiliki kebiasaan membuang sampah di sungai sehingga sungai menjadi kotor dan dipenuhi sampah.

Sebelumnya, sejak Oktober 2018 kegiatan serupa sudah dilaksanakan para relawan bersama warga membersihkan sungai disekitar daerah Kampung Bandar, kemudian pada 20 November membersihkan Sungai Sago Kelurahan Sukaramai.

Pada kegiatan ketiga di Sungai Limau, kata dia, setelah membersihkan sungai dilanjutkan dengan memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat agar mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, asri dan indah sehingga dapat dijadikan salah satu destinasi wisata.

“Melalui aksi bersih dan edukasi kepada masyarakat ini, Komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru berharap kebiasaan masyarakat yang masih sering membuang sampah ke sungai berkurang. Sungai bukanlah tempat sampah, bila bukan kita yang menjaga, siapa lagi,” katanya.   (ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.